Training of Trainers Pre-bunking
UPCOMING EVENTS

Training of Trainers Pre-bunking

Asosiasi Media Siber Indonesia berkolaborasi dengan Cekfakta.com yang didanai oleh Google News Initiative akan menyelenggarakan Training of Trainers Pre-bunking untuk meningkatkan kapasitas tim cek fakta. Pre-bunking ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran mis/disinformasi dengan cara membuat konten periksa fakta. Pre-bunking merupakan salah satu teknik memberikan jawaban isu-isu yang berpotensi menjadi hoaks ke depan.

Peserta akan dilatih oleh trainer tersertifikasi oleh Google News Initiative yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan bagi jurnalis maupun masyarakat pada umumnya di Indonesia. Materi yang akan disampaikan selama ToT antara lain: mengenali prebunking, trend mis/disinformasi, memetakan informasi manipulasi, dan bagaimana cara memproduksi konten pre bunking.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta ToT diharapkan dapat terlibat meningkatkan kapasitas tim Cek Fakta media. Selain itu juga diharapkan munculnya inisiatif berupa kolaborasi untuk memperbaiki tingkat keterbacaan dan distribusi konten – konten Cek Fakta.

Syarat mengikuti pelatihan:

  • Berprofesi sebagai editor, IT maupun bidang sosial media di media online
  • Pernah mengikuti pelatihan Cek Fakta.
  • Bersedia mengikuti rangkaian ToT selama 2 (dua) hari yang diselenggarakan secara luring (offline) pada tanggal 3 – 4 September 2022.
  • Peserta berasal dari anggota AMSI yang memiliki latar belakang profesi sebagai editor, IT atau pengelola sosial media.
  • Mendapatkan dukungan dari newsroom/media tempat bekerja untuk mengikuti training Menyatakan komitmen dan kesediaan dengan melampirkan surat persetujuan redaktur. Contoh surat persetujuan dapat diunduh di https://bit.ly/SuratPersetujuan2
  • Panitia menanggung seluruh biaya transportasi pergi dan pulang, transportasi lokal, akomodasi hotel dan biaya allowance selama training berlangsung di Jakarta.

Untuk mendaftar, silakan mengisi google form dalam tautan berikut:

https://bit.ly/AMSI_TOTPreBunking

Pendaftaran akan ditutup pada 16 Agustus 2022 pukul 24.00 WIB.

Panitia akan melakukan proses seleksi pada seluruh pendaftar dan memilih 15 peserta yang akan menjadi peserta ToT Pre-bunking ini. Seluruh peserta yang mendaftar akan mendapatkan email dari panitia terkait diterima atau tidaknya untuk mengikuti ToT.

Jika ada informasi lain yang ingin ditanyakan, silakan menghubungi staf AMSI melalui email miadelliana@amsi.or.id dengan subjek: Pertanyaan ToT Pre Bunking Google News Initiative 2022.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.