Sambut HUT RI, Kominfo Gelar Diskusi Perangi Hoax buat Milenial
NEWS

Sambut HUT RI, Kominfo Gelar Diskusi Perangi Hoax buat Milenial

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar diskusi publik bertajuk ‘Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Generasi Milenial’. Diskusi ini untuk memerangi hoax di kalangan milenial jelas HUT ke-74 Republik Indonesia.

Kasubdit Informasi, Komunikasi, Hukum dan HAM, Direktorat Informasi dan Komunikasi Polhukam Kominfo RI, Henni Prastiwi menjelaskan, diskusi publik tersebut bertujuan mengajak generasi milenial bijak memanfaatkan internet. Pasalnya, saat ini banyak berita hoax yang tersebar melalui dunia maya.

“Tujuan diskusi publik ini agar generasi milenial menghindari berita bohong dan berita ke arah fitnah menyambut kemerdekaan nanti,” ucapnya usai menghadiri Diskusi Publik bertema ‘Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Generasi Milenial di Hotel Ros-In Yogyakarta, Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Selasa (13/8/2019).

Selain itu, diskusi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan rasa bela negara di kalangan milenial jelang HUT ke-74 RI. Bela negara yang dimaksud adalah dengan tidak menyalahgunakan keberadaan internet.

“Kita harap generasi milenial bisa ikut membela negara, bela negaranya dengan menjauhi berita bohong, harus bijak menggunakan internet dan membuat postingan positif,” kata Hanni.

“Karena itu mereka kita rangkul dan selalu kita beri edukasi serta pembelajaran menggunakan internet. Pembelajarannya seperti kita beri kursus singkat tentang siber sekuriti dan e-commerce,” imbuhnya.

Sementara itu, Pakar Telematika, Roy Suryo mengatakan, bahwa diskusi publik dengan tema memerangi hoaks memang perlu dilakukan. Terlebih, kata Roy, beredarnya berita hoax dapat mengancam persatuan bangsa Indonesia.

“Banyaknya hoax dapat mengancam persatuan bangsa. Apalagi kita merasa keterbelahan di bangsa ini masih terjadi, meskipun capres 02 pak Prabowo sudah bertemu juga dengan Presiden terpilih pak Jokowi,” ucapnya.

“Tapi di masyarakat masih ada hal-hal yang membelahnya, karena itu diskusi ini penting untuk mengajak (generasi) milenial menggunakan teknologi informasi dengan bijak, baik dan kreatif,” imbuh Roy.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.