AMSI.OR.IDAMSI.OR.ID
    Facebook Twitter Instagram
    • Tentang Kami
      • Sejarah AMSI
      • Visi dan Misi
      • Isu Strategis
      • Pendiri
    • Pengurus
      • Pengurus
      • Staf
    • Anggota
    • Agenda
    • Program
      • Program Berjalan
      • Program Sebelumnya
    Facebook Twitter Instagram
    AMSI.OR.IDAMSI.OR.ID
    • Beranda
    • Kabar
      • Berita
      • Kegiatan
      • Press Release
    • Dokumen
      • Modul
      • Riset
      • Buku
      • Audit
      • Laporan Tahunan
    • AMSI Crisis Center
    • Agensi AMSI
    • TrustWorthy News
    Daftar Anggota
    AMSI.OR.IDAMSI.OR.ID
    Home»Arsip»Riset Sebut Isu Covid-19 Rajai Pemberitaan Media
    Arsip

    Riset Sebut Isu Covid-19 Rajai Pemberitaan Media

    RedaksiBy Redaksi29 April 2020Updated:21 Juli 2021Tidak ada komentar2 Mins Read
    Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email
    Share
    Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

    Isu Covid-19 tak hanya mendominasi pemberitaan media online (daring) namun juga menarik perhatian publik di Tanah Air. Hal itu tercermin dari riset Indonesia Indicator (I2), sebuah sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI).

    Dalam risetnya bertajuk “Corona, Analisis Media Online, Twitter, dan Facebook, I2 mencatat sepanjang 2 Maret hingga 26 April 2020 terdapat 1.336.363 berita terkait corona dari 2.623 media daring berbahasa Indonesia. “Isu corona bahkan lebih banyak diberitakan media jika dibandingkan dengan pemberitaan pilpres yang rata-rata sekitar 100 ribu berita per bulan,” ungkap Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang, Selasa.

    Menurut Rustika, dinamika pemberitaan isu pandemi Covid-19 dibentuk oleh tiga hal yakni curiosity (rasa ingin tahu), controversy (kontroversi), dan story (kisah). Rasa keingintahuan masyarakat yang cukup besar, kata dia, bisa dilihat dari perkembangan pemberitaan di media daring sejak isu virus yang berasal dari Wuhan diberitakan pada akhir Desember 2019 lalu.

    “Meskipun belum diumumkan adanya pasien corona di Indonesia, media cukup rajin untuk memberitakan berbagai perkembangan virus di berbagai dunia, utamanya China,” papar Rustika.

    Pascadiumumkan adanya pasien positif di Indonesia, situasi pemberitaan meningkat tajam. Rata-rata pemberitaan perhari mencapai 20-34 ribu berita per hari atau sekitar 28.886 ribu per hari.

    Rustika mengungkapkan ada sejumlah isu utama yang paling menarik perhatian media terkait Covid-19. Update kasus Covid-19 paling banyak menyedot perhatian media mencapai 29.4054 berita. Isu lainnya yang banyak disorot media antara lain stok pangan, hoaks, mudik, dan khususnya masalah perekonomian pasca-Covid-19. “Kontroversi selalu menarik atensi media dan masyarakat,” ucap Rustika.

    Perbedaan pendapat di antara para pejabat tinggi negara, daerah, dan antartokoh senantiasa mendapat ruang terbesar di media daring. Kontroversi ini terjadi mulai dari sebelum adanya pasien positif corona, yang dimunculkan baik dari isu maupun pernyataan yang dianggap kontroversial.

    Isu kontroversial yang menarik perhatian media dan publik antara lain soal anggaran influencer, pernyataan pejabat tinggi negara yang dianggap ‘meremehkan’ corona mulai dari pernyataan soal masker Menkes, perizinan yang berbelit, dan lain sebagainya.

    Pasca-corona masuk Indonesia, kontroversi lebih banyak di tingkat pengambil keputusan, yang sebenarnya berpengaruh cukup besar bagi masyarakat. Apalagi jika dikaitkan dengan public trust.

    “Beberapa kontroversi yang pernah mengambil panggung di antaranya ‘tekanan’ lockdown versus tidak lockdown, darurat sipil, kebijakan Menkes vs Kebijakan Menhub Luhut, Menhub Luhut vs Anies Baswedan, mudik vs tidak mudik, dan sebagainya,” paparnya.

    sumber : republika.co.idrepublika.co.id

    Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email
    Redaksi

    Related Posts

    Komite Keselamatan Jurnalis: Usut Tuntas Penyekapan dan Penganiayaan Jurnalis Tempo

    29 Maret 2021

    Presiden Jokowi Akan Membuka Indonesia Digital Conference 2020

    13 Desember 2020

    AMSI Kembali Menggelar Indonesia Digital Conference 2020

    13 Desember 2020

    Leave A Reply Cancel Reply

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    Facebook Twitter Instagram Pinterest
    © 2023 AMSI.OR.ID | Asosiasi Media Siber Indonesia

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.