Media Digital Saatnya Menerapkan Model Berlangganan
NEWS

Media Digital Saatnya Menerapkan Model Berlangganan

Ada banyak cara yang bisa digunakan media pengusung good journalism. Di antaranya dengan membentuk model bisnis, seperti yang dilakukan media-media siber di luar negeri. Di antaranya New York Times dan Washington Post.

“Good journalism bisa eksis di masa sekarang dengan beberapa cara. Salah satunya dengan model subscriber atau membership,” kata Nezar Patria, anggota Dewan Pers dan Pemimpin Redaksi The Jakarta Post online, saat berbicara di depan peserta Konferensi Media Digital Indonesia di Auditorium lantai 2 Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Model ini, lanjutnya, juga mulai dilakukan di The Jakarta Post online. Khusus konten-konten dari koran, dan beberapa konten online yang dianggap premium, diberlakukan sistem paywall.

Nezar meyakini, strategi ini dilakukan karena dibutuhkan sekian usaha dan tentu saja biaya untuk memproduksi konten tersebut.

Di sisi lain Nezar juga mengingatkan pentingnya perusahaan media untuk kreatif dalam beriklan dan mendapatkan pendanaan. (hdl)

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.