PUBLICATIONS

Kongres Nasional II AMSI usung Tema Membangun Ekosistem Media Siber Berkelanjutan

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) siap menggelar Kongres II AMSI, 22-23 Agustus 2020 mendatang. Sebagai sebuah lembaga yang tumbuh di 21 provinsi dengan jumlah anggota mencapai 338 media siber, AMSI kukuh membangun ekosistem media siber.

“Kongres akan digelar secara daring. Agenda terpenting dalam kongres nanti adalah memilih kepengurusan baru, menyusun kode etik dan perilaku media siber,” jelas Maryadi, Ketua Panitia Kongres II AMSI 2020.

Kongres nanti juga berupaya mencari terobosan program baru, bagaimana media siber bisa berkelanjutan baik dari sisi konten maupun bisnis.

Sebelumnya, AMSI yang sudah resmi tercatat sebagai konstituen Dewan Pers mewakili asosiasi perusahaan media digital ini juga serius meningkatkan kualitas jurnalisme digital di tanah air.

Pada 5 Mei 2018 lalu, AMSI bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Internews dan Google News Initiative menyelenggarakan Trusted Media Summit di Hotel Gran Melia, Jakarta. Konferensi itu melahirkan kolaborasi CekFakta.com yang merupakan program kerjasama pemeriksaan fakta terbesar di Indonesia untuk menangkal hoaks dan misinformasi.

Setiap tahun, AMSI menyelenggarakan Konferensi Media Digital untuk membahas perkembangan terkini teknologi media digital. Pertemuan akbar pertama diadakan pada 1 Maret 2019 di Perpustakaan Nasional Jakarta, disusul konferensi kedua pada 27 November 2019 di Jakarta Teater.

Konferensi itu diikuti ratusan media digital, perusahaan teknologi, pejabat pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan lain.

Tahun ini AMSI akan meluncurkan program penguatan kapasitas media digital lokal, terutama dari sisi produksi konten multimedia dan perbaikan relasi dengan komunitas (engagement).

Untuk persiapan kongres, lanjut Maryadi lagi, digelar pula Pra Kongres II AMSI virtual, Minggu (9/8/2020), dengan menggunakan Zoom. Dalam kesempatan itu dibahas Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), hingga tata tertib pelaksanaan kongres.

Dalam Kongres Nasional II AMSI, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan hadir memberikan keynote speech dalam webinar, Sabtu (22/8/2020).

“Kongres nanti juga akan dihadiri tokoh penting lain, di antaranya para pemilik dan pimpinan media siber tanah air,” pungkasnya.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.