Gubri Dorong AMSI Riau Tingkatkan Profesionalitas dalam Penyebaran Informasi di Era Digitalisasi
PUBLICATIONS

Gubri Dorong AMSI Riau Tingkatkan Profesionalitas dalam Penyebaran Informasi di Era Digitalisasi

Gubernur Riau, Syamsuar, mendorong agar perusahaan pers atau media di Riau meningkatkan profesionalitas dalam penyebaran informasi di era digitalisasi saat ini.

Hal ini diungkapkan Gubernur, Syamsuar saat menyambut kedatangan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Riau di gedung daerah, Jumat (12/6/2020).

Di saat pandemi Covid-19 melanda, media siber ikut berperan dalam membantu penyebaran informasi yang dapat mengedukasi masyarakat, khususnya informasi terkait Covid-19.

Syamsuar mengaku selama bertugas menjadi Kepala Daerah banyak dibantu oleh media. “Saya banyak dibantu oleh media, bagaimana tugas-tugas di pemerintahan berjalan sesuai koridor,” ucapnya.

Kepada AMSI Riau, Syamsuar berharap kualitas dan profesionalitas media daring di Riau bisa meningkat, mengingat AMSI sangat selektif dalam menerima anggota baru.

“Dengan adanya AMSI ini saya berharap kerja media online di Riau bisa lebih profesional,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, Syamsuar juga menceritakan pengalaman Riau dalam menangani kasus Covid-19, hingga menjadi salah satu daerah terbaik penanganan Pandemi Corona.

Syamsuar menyebut, soliditas antara gugus tugas yang terdiri dari eksekutif, legislatif, polri dan TNI berperan besar dalam membantu menetralisir penyebaran Covid-19.

“Jauh hari sebelum ada gugus tugas kami sudah bekerja. Saat saya pulang umrah di Januari, kita sudah mulai mempersiapkan segalanya, termasuk membentuk gugus tugas,”pungkasnya.

Ketika negara tetangga Malaysia memutuskan lockdown sambungnya, Pemprov Riau mengambil inisiatif memperketat semua pintu masuk, baik darat, laut dan udara.

“Waktu itu sumut dan Sumbar baru akan membentuk tim, sementara kita sudah bekerja. Dan alhamdulillah tidak ada gejolak kayak di daerah lain sampai ada pasien kabur, kita aman. Saya sangat mengapresiasilah kerja gugus tugas, terutama tenaga medis,”tukasnya.

Sementara Ketua AMSI Riau, Ahmad S Udi mengapresiasi keberhasil pemprov Riau dalam penanganan kasus Covid-19.

Ahmad berharap, kolaborasi antara Pemprov dan media semasa pandemi Covid-19 menjadi pijakan dalam mempersiapkan new normal di Riau.

Status Riau terbaik nasional dalam penanganan covid-19 dimana tingkat kesembuhan pasien positif corona di Riau mencapai 89,17 persen perlu mendapat dukungan semua pihak, termasuk media daring.

Oleh sebab itu, AMSI wilayah Riau akan menggelar diskusi online tentang keberhasilan Riau menekan kasus Covid-19.

Dengan tema ‘Pandemi dan Belajar Dari Riau’ AMSI Riau mendapuk Gubernur Riau, H Syamsuar sebagai Keynote Speech.

Webinar ini juga akan menghadirkan narasumber, Wisnu Nugroho (Pemred Kompas.com), Wens Manggut (Ketua AMSI Pusat), Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K,Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed dan gugus tugas.

Diskusi akan dibuka Ketum AMSI Pusat, Kak Wens, via aplikasi video Zoom pada pekan depan.

AMSI Riau terdiri dari 12 media, yakni Antarariau.com (kantor berita Antara), Bertuahpos.com, Cakaplah.com, Ekonominews.com, Goriau.com, Halloriau.com, Riauterkini.com, Riaupos.co (Riaupos), Riauonline.co.id, Potretnews.com, Tribunpekanbaru.com (Tribunnews), Utusanriau.com.

sumber : halloriau.com

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.