AMSI Kalteng Resmi Terbentuk, Hairil dan Sun Rise Sah Memimpin Hingga 2025
PRESS RELEASE

AMSI Kalteng Resmi Terbentuk, Hairil dan Sun Rise Sah Memimpin Hingga 2025

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi terbentuk. Melalui Konferensi Wilayah (Konferwil), Hairil Supriadi (Kaltengekpres.com) terpilih sebagai ketua dan Sun Rise Sinulingga (Kalamanthana.id) sebagai sekretaris, dengan periode jabatan 2022-2025.

Ketua Umum AMSI Nasional, Wenseslaus Manggut mengatakan, AMSI hadir untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi perusahaan pers, terkait kualitas media dalam menyajikan produk jurnalistik yang berkualitas.

“AMSI menyediakan banyak pelatihan-pelatihan untuk menjawab segala tantangan yang dihadapi perusahaan-perusahaan media saat ini, termasuk pelatihan dalam meningkatkan kualitas produk jurnalistik,” ujarnya.

Koordinator Wilayah AMSI Kalimantan, Kundori mengatakan, deklarasi AMSI Kalteng ini menjadi sejarah bagi para perusahaan pers siber di Kalteng, ada berbagai proses yang cukup panjang, dimulai dari pendaftaran, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, untuk dapat dideklarasi menjadi AMSI wilayah yang ke-24 se-Indonesia.

Pada April 2021 lalu, sebanyak 18 media siber dari Kalteng yang melewati proses verifikasi. “Proses verifikasi tersebut dilaksanakan pada bulan Mei hingga Agustus 2021 lalu, yang dilakukan secara virtual mengingat kondisi Kalteng yang masih dalam pandemi covid-19,” tuturnya.

Dari 18 media siber yang dilakukan verifikasi faktual final oleh pengurus pusat AMSI, hanya sebanyak 10 media siber yang dinyatakan lolos dan ditetapkan menjadi Anggota AMSI, yaitu Prokalteng.co, Balanganews.com, Kaltengtoday.com, Kaltengekspres.com, Antarakalteng.com, Inikalteng.com, Brayanews.co.id, Kalamanthana.id, Borneo24.com dan Kaltengonline.com.

“Berdasarkan AD/ART AMSI, untuk pembentukan wilayah minimal ada sepuluh media siber yang memenuhi syarat atau yang telah dilakukan verifikasi faktual oleh dewan pers. Untuk itu, akhirnya AMSI Kalteng dapat dideklarasi,” pungkasnya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Yuas Elko yang hadir saat deklarasi mengapresiasi dan mendukung secara penuh atas terselenggaranya deklarasi dan Konferensi Wilayah I AMSi kalteng. Harapannya AMSI dapat mewujudkan organisasi perusahaan pers yang profesional dan berkualitas di Bumi Tambun Bungai.

Ada harapan kepada AMSI Kalteng, bisa menghadirkan perusahaan pers dengan pemberitaan yang baik dan menjaga keseimbangan informasi di wilayah Kalteng. “Mudah-mudahan AMSI Kalteng dapat menjadi penyeimbang informasi. Selain itu profesionalisme media sangat penting dan dibutuhkan dalam mendukung pembangunan daerah, agar pemerintah daerah dapat lebih baik lagi kedepannya,” tandasnya.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.