Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar pelatihan penguatan bisnis media digital pada Kamis, 16 September 2021 pukul 14.00-15.15 wib. Indonesia menjadi salah satu negara yang menyelenggarakan kegiatan ini untuk kawasan Asia Pasifik, selain India, Jepang, Korea Selatan dan Australia.
Untuk mengikuti sesi pelatihan workshop produk #1 bisa mendaftar melalui https://newsonair.withgoogle.com/events/dgp-id-product. Adapun Google News Initiative (GNI) menjadi pemberi dukungan kegiatan pada program Digital Growth Program (DGP).
Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut mengatakan, fokus pelatihan sepanjang September-Oktober ini adalah strategi membangun produk untuk media online.
“Tujuan dari pelatihan produk ini adalah untuk membantu para pengelola media online dalam merumuskan, menjalankan dan memperkuat visi produknya,” jelasnya, Rabu (15/9).
Pemateri pada kegiatan kelas online ini adalah Machroni Kusuma (CEO BeritaIndonesia.link) sebagai lead trainer, dengan narasumber seperti Dyah Citra Prastuti (Editor in Chief KBR.ID), Laban Laisila (Head of Newsroom Narasi.tv) dan Maria Y Benyamin (Editor in Chief Bisnis.com).
Mereka akan mengupas materi tentang bagaimana mengartikulasikan misi produk dan mengembangkan nilai produk, menggunakan data panduan dan pendekatan interatif untuk menjalankan visi produk media online, mengintegrasikan prinsip–prinsip penting dalam proses desain dan membangun prinsip–prinsip product thinking ke dalam media online.
Pelatihan DGP telah dilaksanakan sejak April 2021, dimulai dari workshop pengembangan audiens, dilanjutkan workshop pendapatan iklan digital. Dua rangkaian kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 600 peserta dari berbagai media digital di seluruh Indonesia.
Setelah rangkaian Workshop Produk ini, AMSI menyiapkan dua rangkaian workshop lagi yang khusus membahas tentang data dan start-up media digital.
Untuk mengetahui materi pada dua sesi workshop sebelumnya yaitu pengembangan audiens dan pendapatan iklan digital, bisa melalui tautan berikut https://newsonair.withgoogle.com/events/dgp-id-audience, untuk materi pengembangan audiens dan melalui tautan https://newsonair.withgoogle.com/events/dgp-id-advertising untuk pendapatan iklan digital.