Wartawan detikcom Raih Penghargaan Kemhan Award 2019
NEWS

Wartawan detikcom Raih Penghargaan Kemhan Award 2019

Wartawan detikcom bertugas di Pekanbaru, Riau, Haidir Anwar Tanjung meraih penghagaan dalam lomba karya jurnalistik tingkat nasional yang digelar Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI. Lomba Kemhan Award 2019 ini dalam rangka hari Bela Negara.

Dalam lomba karya jurnalistik tingkat nasional ini, wartawan detikcom meraih juara III nasional bidang media online. Penyerahan piala, sertifikat ini dilaksanakan kantor Kemhan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Untuk penyerahan penghargaan langsung diberikan Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto. Mengingat posisi wartawan detikcom Haidir Tanjung berada di Riau, maka penerimaan penghargaan diwakilkan redaksi detikcom.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pemenang lomba. Kegiatan ini di samping sebagai perlombaan bagi rekan-rekan media dan masyarakat umum, juga merupakan upaya membangun kesadaran bela negara melalui media foto dan video serta bentuk apresiasi Kementerian Pertahanan kepada media. Apresiasi ini ditujukan bagi media yang telah bekerja sama dan bersinergi dengan baik dalam mendukung upaya Kementerian Pertahanan di bidang publikasi pertahanan negara,” kata Brigen TNI Totok Sugiharto dalam sambutannya.

Menurutnya, era sekarang ini suatu kebijakan memerlukan sosialisasi agar dapat dipahami oleh publik. Sebagai badan publik, Kementerian Pertahanan membuat kebijakan penyelenggaraan pertahanan negara yang perlu dipahami oleh segenap komponen bangsa. Untuk itu, peran media sangat penting dalam menjembatani sosialisasi kebijakan serta program dan kegiatan Kementerian Pertahanan kepada publik.

“Salah satu yang memiliki peran strategis itu tentunya adalah para awak media. Di tangan rekan-rekan media inilah berita itu disajikan dengan baik,” kata Totok.

Kemhan berterima kasih kepada para wartawan yang telah bekerja sama dan berkontribusi membantu Kemhan. Tujuan kerja sama adalah menyampaikan pesan positif yang menggugah kesadaran masyarakat untuk membela negara.

Pemberitaan yang masuk ke Kemhan sebanyak 100 karya. Dalam Kemhan Award 2019, ada 3 kategori yakni media TV, media cetak, dan media online. Khusus media online juara I Rilis.id, juara II Rakyat Merdeka, dan detikcom mendapat juara III.

“Kepada seluruh pemenang, saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih. Saya berharap, keberhasilan yang telah diraih dapat dijadikan motivasi untuk meningkatkan lagi prestasinya. Dan bagi rekan-rekan media yang belum berhasil dalam Kemhan Media Award serta dalam Lomba Foto dan Video Digital Kreatif Bela Negara 2019 ini, tidak perlu berkecil hati dan putus asa. Hal ini justru menjadi pemicu untuk menggugah semangat serta memacu untuk lebih giat membuat karya foto dan video Digital Kreatif Bela Negara serta berita pertahanan negara yang lebih baik pada masa yang akan datang,” kata Totok.

Adapun karya tulisan wartawan detikcom yang diperlombakan di Kemhan Award 2019, tentang liputan Tapal Batas di Kabupaten Natuna Provinsi Kepri dalam rangka penerangan listrik PLN di Pulau Sekatung yang dijaga TNI AD.

Wartawan detikcom berada di pulau terdepan Indonesia bagian utara yang lebih dekat ke Ho Chi Minh ketimbang ke Jakarta. Di pulau Sekatung tanpa penduduk itu, di sanalah wartawan detikcom Haidir Tanjung melakukan liputan langsung.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.