Tegas Akuratnews.com Tidak ada Hubungan Apapun Dengan Situs Sesat Akuratcrew.blogspot.com
NEWS

Tegas Akuratnews.com Tidak ada Hubungan Apapun Dengan Situs Sesat Akuratcrew.blogspot.com

Pemberitaan situs blogger Akuratcrew.blogspot.com yang menyesatkan dengan tampilan template yang menamakan diri sebagai ‘Akurat News’ disikapi tegas oleh Pemimpin dan Penanggung Jawab Portal Berita Akuratnews.com, Irish Riswoyo.

“Dengan menamakan diri sebagai ‘Akurat News’, Situs sesat akuratcrew.blogspot.com diduga kuat sengaja membuat fitnah dan menyesatkan publik untuk menjelek-menjelekan akuratnews.com dengan menayangkan berita hoax dan berita bohong hasil suntingan dari Portal Berita kredibel CNN Indonesia.” terang Irish dalam keterangan resmi kepada Wartawan di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Irish mengatakan, dalam pemberitaan hoaxnya, akuratcrew.blogspot.com merilis sebuah artikel yang memuat pernyataan seolah-olah diucapkan presiden Jokowi yang merasa tersinggung kepada rakyat akibat mematikan tv saat pelantikan presiden dan wakil presiden.

“Faktanya, klaim yang menyebut Jokowi tersinggung karena banyak rakyat mematikan TV saat pelantikan adalah tidak benar. Hal ini juga sudah dilakukan cek langsung oleh Kominfo dan melabeli disinformasi pada berita yang dihasilkan oleh akuratcrew.blogspot.com sebagai situs hoax yang memuat artikel menyesatkan,” ujar Irish.

Menurut Pemimpin Redaksi Akuratnews.com ini, mengutip pernyataan situs Kominfo, Pembuat artikel pada akuratcrew.blogspot.com mengambil artikel dari sebuah media kredibel kemudian menyuntingnya dengan menambahkan kalimat yang tidak berdasar.

Artikel yang dimuat dalam situs akuratcrew.blogspot.com tersebut merupakan hasil salinan dari artikel berita CNN Indonesia berjudul “Jokowi soal Pelantikan: Biasa Saja”, dipublikasikan pada Minggu, 20 Oktober 2019.

“Jadi, tidak ditemukan tulisan dalam artikel asli yang menyebutkan Jokowi tersinggung karena banyak masyarakat mematikan TV saat pelantikan presiden dan wakil presiden.” kata Irish.

Bahkan Kominfo secara resmi telah melabeli situs akuratcrew.blogspot.com sebagai situs hoax dengan label “Disinformasi” tertanggal 22 Oktober 2019.

Selain pemberitaan tentang Presiden Joko Widodo, juga Beredar pemberitaan yang menyebut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima tawaran menjadi menteri pertahanan dengan syarat pemerintah memulangkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Kabar itu juga disebar oleh Situs media blog akuratcrew.blogspot.com pertama kali menurunkan artikel berjudul “Prabowo: Saya Terima Jabatan Menteri Pertahan, Dengan Syarat Pemerintah Pulangkan HRS”. Artikel itu tayang pada Senin, 21 Oktober 2019. Artikel ini juga hoax dan menyesatkan publik.

Dimana dalam Penelusuran Fakta, Tim Cek Fakta Medcom.id melakukan penelusuran, ternyata artikel yang ditayangkan akuratcrew.blogspot.com merupakan hasil salinan dari artikel CNNIndonesia berjudul “Prabowo Diminta Jokowi Urus Pertahanan di Kabinet Baru”, tayang pada Senin, 21 Okrober 2019.

Artikel hasil editan itu mengubah bunyi kutipan Prabowo pada paragraf ke tiga. Pembuat artikel itu menambahkan kalimat “dengan syarat Habib Rizieq dipulangkan ke tanah air tanpa syarat, tanpa ada hukum yang mengikatnya, semua ini demi kebaikan NKRI khususnya umat islam yang memang dimana sudah merindukan beliau”.

Padahal, versi artikel asli tidak ditemukan pernyataan Prabowo meminta syarat memulangkan Rizieq Shihab jika masuk kabinet baru Jokowi.

Oleh sebab itu, Irish menegaskan, sebagai pihak yang dirugikan karena situs akuratcrew.blogspot.com memuat template dengan tulisan “Akurat News”, maka dengan ini, portal Berita Akuratnews.com, menegaskan:

1. Bahwa portal media Akuratnews.com yang diterbitkan oleh PT. Akurat Media Nusantara tidak ada hubungan apapun dengan situs sesat Akuratcrew.blogspot.com;

2. Bahwa, isi dalam pemberitaan akuratcrew.blogspot.com yang hoax, disinformasi serta menyesatkan publik, tidak ada hubungan apapun dengan keredaksian dari portal berita Akuratnews.com;

3. Bahwa kepada pihak akuratcrew.blogspot.com yang telah mencatut nama “Akurat News”, maka untuk menghindari gugatan hukum, baik perdata maupun pidana, dengan ini kami peringatkan untuk segera menghentikan pencatutan nama “Akurat News” pada template atau Banner dari situs akuratcrew.blogapot.com.

4. Bahwa segala tindak tanduk pemberitaan bohong atau hoax, menyimpang, menyesatkan dan merugikan publik, terutama merugikan nama besar Presiden Joko Widodo serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, juga nama besar Imam Front Pembela Islam, Habib Rizieq, maka kami Portal Berita Akuratnews.com dengan ini menyatakan pemberitaan itu bukan tanggung jawab Akuratnews.com dan tidak ada hubungan apapun dengan redaksi maupun kewartawanan akuratnews.com;

5. Kami Penanggung Jawab dan segenap Pengurus Portal Berita Akuratnews.com dengan ini menyatakan mendukung penuh langkah Kominfo untuk memerangi berita bohong (hoax) yang berpotensi memecah belah, menyesatkan dan merugikan publik;

6. Kami juga mendukung dan memberikan apresiasi terhadap media-media kredibel yang telah memerangi hoax dengan secara tidak langsung telah memberitahu publik terkait dengan artikel yang dimuat oleh akuratcrew.blogspot.com yang menyesatkan dan merugikan kami akuratnews.com sebagai media terpercaya yang akurat dan kredibel.

7. Sesuai dengan Visi Misi Akuratnews.com bahwa kami Portal Media Akuratnews.com dalam pemberitaannya, anti dengan berita bohong, Anti Hoax, dan tidak memihak terhadap satu kelompok atau golongan manapun, melainkan bekerja berasaskan pada kebenaran, akurat dan sesuai fakta.

Untuk diketahui, situs sesat akuratcrew.blogspot.com saat ini sudah tidak bisa diakses. Jika diakses dengan men-klik alamat tersebut, tertulis “Maaf, blog di akuratcrew.blogspot.com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru.”.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.