Survei: Anies Baswedan Gubernur Terpegah dan Tervokal 2019
NEWS

Survei: Anies Baswedan Gubernur Terpegah dan Tervokal 2019

Indonesia Indicator (I2) melansir 10 nama gubernur dan wakil gubernur terpegah (top person) dan tervokal di media online selama 2019.

Dari 10 gubernur tersebut, Anies Baswedan menduduki posisi pertama untuk kedua kategori tersebut.

Artinya, Anies menguasai panggung pemberitaan dari 4.019 media online di Indonesia sepanjang 2019.

“Selama satu tahun terakhir, nama Anies menghiasi sekitar 83.627 berita,” ujar Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang seperti dilansir Kompas.com, Minggu (29/12/2019).

Rustika menjelaskan, Anies Baswedan banyak disorot terkait DKI Jakarta, pembangunan infrastruktur seperti perluasan trotoar dan revitalisasi jembatan penyeberangan orang (JPO).

Selain itu, pemberitaan mengenai Anies banyak menyorot tentang transparansi anggaran seperti kasus pengadaan lem Aibon.

Untuk posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 36.140 berita. Posisi ke-3 diduduki Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 31.010 berita.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi ke-4 sebagai gubernur terpegah 2019. Nama Ganjar menghiasi 25.662 berita di media online.

Posisi ke-5 ditempati Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (22.229 berita). Kemudian Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menempati posisi kelima dengan 20.560 berita.

“Posisi 6 hingga 9 ada Gubernur Riau, Syamsuar dengan 18.203 berita. Lalu Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dengan 16.208 berita, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey 11.273 berita,” imbuhnya.

Posisi ke-10 diduduki Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dengan 8.643 berita. Emil menjadi satu-satunya wakil gubernur yang masuk deretan figur terpegah.

“Isu yang banyak dikaitkan dengan Emil Dardak seputar isu pemberdayaan masyarakat khususnya milenial. Isu-isu dengan nuansa program yang diidentikkan dengan Emil Dardak seputar pengembangan ekonomi digital (Industri 4.0) dan revitalisasi SMK hingga madrasah,” papar Rustika.

Sepuluh gubernur tervokal

Rustika juga mencatat 10 besar gubernur tervokal atau yang pendapatnya paling banyak dikutip media online.

Posisi pertama masih diduduki Anies Baswedan, kemudian diikuti Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, dan Ganjar Pranowo.

Menurut Rustika, gubernur tervokal berusaha memberikan pengaruhnya di media melalui berbagai pernyataan. Mereka termasuk bagian dari media darling, meski belum tentu mediagenik.

Rustika mengatakan, pernyataan Anies Baswedan dikutip media sebanyak 190.574 pernyataan.

Anies banyak dikutip terkait tata kelola pemerintahan DKI Jakarta, khususnya menjelaskan pada publik latar belakang setiap kebijakan yang dibuat.

“Media semakin memburu pernyataan Anies Baswedan menjelang akhir tahun untuk menjelaskan persoalan proses transparansi anggaran,” paparnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati posisi ke-2 Gubernur Tervokal 2019. Pernyataan pria yang biasa disapa Emil ini dikutip media online sebanyak 103.596 kali.

Posisi ke-3 diduduki Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 77.596 pernyataan. Lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertengger di posisi ke-4 dengan 72.334 pernyataan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menempati posisi ke-5 gubernur tervokal dengan 44.034 pernyataan.

Posisi ke-6 hingga 8 masing-masing ditempati Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dengan 41.891 pernyataan.

Lalu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dengan 41.360 pernyataan, Gubernur Riau Syamsuar dengan 32.784 pernyataan.

“Posisi kelima ada Gubernur Bali I Wayan Koster dengan 25.799 pernyataan dan Uu Ruzhanul Ulum ada di posisi 10 dengan 19.153 pernyataan,” katanya.

Secara umum, kata dia, pernyataan Uu yang paling banyak direplikasi mengenai pemberdayaan pesantren, deklarasi anti-korupsi dengan kaum milenial, dan isu-isu kemiskinan.

Khusus isu pesantren, Uu konsisten mengampanyekan Program One Pesantren One Product (OPOP).

sumber : kompas.com

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.