Siswa SMAN 7 Manado Belajar Jurnalistik dan Melawan Hoaks
PUBLICATIONS

Siswa SMAN 7 Manado Belajar Jurnalistik dan Melawan Hoaks

Penguatan Pendidikan Karakter melalui Workshop Jurnalistik Siswa kembali digelar oleh Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) bekerja sama dengan Jurnalis Pendidikan Sulut, Kamis (07/11/2019) pagi.

Workshop yang diikuti 35 siswa perwakilan dari Pengurus OSIS serta organisasi siswa lainnya ini menghadirkan dua pemateri yakni Ketua Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Yoseph E Ikanubun. Sedangkan di sesi kedua Ketua Asosiasi Media Siber (AMSI) Sulut Agustinus Hari.

Dalam materi pertama, Ikanubun menyampaikan tentang Pers dan Jurnalistik, kemudian dilanjutkan dengan Media Sosial dan Bagaimana Melawan Hoaks. “Beda media pers adalah berbadan hukum, ada penanggungjawab, serta dikelola oleh wartawan professional,” ujarnya.

Sedangkan media sosial tidak ada penanggung jawab, dan informasi yang ada belum tentu benar, dan menjadi sarana penyebaran hoaks. “Ini yang harus diperhatikan, jangan sampai adik-adik ikut menyebarkan hoaks atau informasi yang tidak benar, karena ada ancaman hukumannya,” ujar Ikanubun yang juga Ketua AJI Manado Periode 2012 – 2018 ini.

Setelah belajar memahami tentang teori jurnalistik, media sosial, dan mencegah hoaks, materi selanjutnya disampaikan oleh Hari adalah bagaimana melakukan reportase, wawancara dan menulis berita. “Hal yang pelru diperhatikan dalam melakukan reportase adalah menentukan topic, dan langkah-langkah perencanaan dan melakukan liputan,” ujar Hari.

Menariknya, setelah materi itu para siswa diberikan kesempatan melakukan reportase dan wawancara sekaligus membuat berita. Pada bagian paling akhir, para siswa mempresentasekan hasil berita yang telah dibuat.

sumber : detikmanado.com

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.