Mafindo: Tahun Ini, 100 Hoaks Politik Beredar Setiap Bulan
NEWS

Mafindo: Tahun Ini, 100 Hoaks Politik Beredar Setiap Bulan

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengajak masyarakat di Solo, Jawa Tengah, untuk bersama-sama melawan dan memerangi berita bohong atau hoaks di media sosial (medsos). Sebab, hoaks berpotensi memecah belah bangsa.

Divisi Literasi Narasi Mafindo Solo, Giri Lukmanto, menyebutkan, dari data Mafindo tahun 2018 tercatat ada 997 hoaks beredar melalui media sosial. Sementara tahun 2019 lebih dari 100 hoaks berkonten politik beredar setiap bulan.

“Kita ingin mengampanyekan bagaimana orang-orang biar tahu hoaks itu berbahaya,” katanya ditemui dalam program “Stop Hoax Indonesia” di car free day ( CFD) Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/8/2019).

Dari ratusan hoaks tersebut, jelas Giri, paling banyak adalah hoaks tentang politik, kesehatan, kebencanaan, dan penipuan financial technology (fintech). Sebaran hoaks tidak hanya konten politik dan para buzzer.

Tetapi, ketidaktahuan akan cek fakta. Ditambah anak muda yang kian tak acuh pada hoaks yang semakin membahayakan. Walau mereka sejatinya memiliki kemamuan digital yang diperlukan.

“Ketidakpahaman masyarakat membuat mereka semakin rentan terhadap hoaks. Minimnya kecakapan medeteksi hoaks dan cek fakta menjadi alasan utama hoaks mudah dipercaya,” tandas pria yang juga peneliti tim Litbang Mafindo.

Program Stop Hoax Indonesia serentak dilaksanakan di acara CFD lima kota di Indonesia. Selain di Solo, acara ini juga diselenggarakan di Yogyakarta, Semarang, Bekasi dan Bandung. “Program Stop Hoax Indonesia fokus pada pemberdayaan ibu-ibu dan anak muda. Ibu-ibu adalah pahlawan penumpas hoaks untuk keluarga mereka. Dengan militansi mereka, hoaks yakin dapat ditumpas,” jelas PIC program Stop Hoax Indonesia, Erwina Tri S.

sumber : kompas.com

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.