kumparan Raih Dana Inovasi dari Google News Initiative Tahun 2020
NEWS

kumparan Raih Dana Inovasi dari Google News Initiative Tahun 2020

Sebagai bagian dari upaya Google dalam mendukung industri media massa, perusahaan mengadakan program dukungan dana lewat Google News Initiative (GNI) setiap tahunnya. Di tahun 2020, raksasa teknologi itu kembali membuka putaran kedua pendanaan untuk media massa yang memberikan inovasi terbaik.

Di tahun ini, kumparan menjadi salah satu media massa online di Asia Pasifik yang meraih dana Innovation Challenge dari GNI atas program kumparanDerma. Dari total 255 organisasi Asia Pasifik yang mengajukan proposal, kumparan jadi salah satu dari 18 organisasi itu, sekaligus satu-satunya di Indonesia, yang mendapat dukungan dana tahun ini untuk melanjutkan program yang berdampak besar bagi publik.

Organisasi media lain yang juga mendapatkan dana Innovation Challenge tahun ini berasal Australia, Hong Kong, India, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Myanmar, Mongolia, Nepal, Selandia Baru, Pakistan, Singapura, Sri Lanka dan Taiwan.

Sebelumnya, pada 2018, kumparan mendapatkan dana dari GNI untuk program YouTube Innovation Funding bersama 87 organisasi dari 23 negara lain.

kumparan sendiri adalah startup media digital yang mengalami pertumbuhan cepat dalam tiga tahun terakhir. Salah satu inovasi yang sedang dijalankan adalah program urun dana kumparanDerma untuk memberi dampak besar ke publik, atau orang dan kelompok, yang sedang membutuhkan dukungan dana.

Untuk merealisasikan itu, kumparan berkolaborasi dengan platform galang dana Kitabisa.com, untuk memfasilitasi publik atau kelompok yang mengalami kesulitan lewat program donasi.

Di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi di dunia, kumparanDerma membuka galang dana untuk membantu masyarakat melawan wabah ini lewat program ‘Peduli Sesama Lawan Corona’. Donasi akan dipakai untuk menyediakan alat perlindungan diri seperti masker, hand sanitizer, hingga hazmat, untuk tenaga medis yang berada di garda depan dalam ‘perang’ melawan virus corona SARS-CoV-2. Donasi juga disumbangkan untuk dibelikan kebutuhan pokok pada keluarga yang terdampak pandemi COVID-19 hingga dukungan dana untuk melakukan tes publik COVID-19.

Selain kumparanDerma, inovasi lain yang dilakukan kumparan dan telah memberi dampak besar, ada pada program 1001 Media yang berkolaborasi dengan media rekanan lokal di 34 provinsi di Indonesia untuk mewartakan informasi terkini dari berbagai daerah. Dengan cara ini, informasi dari daerah lokal dapat dikonsumsi oleh masyarakat yang lebih luas dalam skala nasional, dengan memanfaatkan jaringan kuat kumparan.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.