Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan menggelar kongres pertama di Jakarta pada Selasa, 22 Agustus 2017. AMSI adalah organisasi yang dideklarasikan oleh para pemimpin redaksi dan atau perwakilan perusahaan media siber di Jakarta pada 18 April 2017. Saat itu, AMSI lahir di tengah keprihatinan akan maraknya berita-berita hoaks atau palsu, terutama diamplifikasi melalui beragam platform media sosial.
AMSI diinisiasi oleh 26 perusahaan media siber dari berbagai kota di Indonesia. Saat ini, AMSI sudah memiliki badan hukum resmi di Kementerian Hukum dan HAM. AMSI memiliki anggota lebih dari 250 media siber yang tersebar di lebih dari 20 kota di Indonesia. Para pendiri dan anggota AMSI ingin menjalin kebersamaan mewujudkan visi misi mencapai kualitas media yang lebih baik, profesional, kredibel, dan ruang redaksi yang tetap independen.

Sebagai organisasi yang beranggotakan perusahaan media siber yang baru berdiri, AMSI saat ini belum memiliki pengurus definitif. Saat ini kepengurusan sementara dipimpin oleh Presidium yang diketuai oleh Wenseslaus Manggut, CEO dan Pemred Merdeka.com/Kapanlagi Network. Tugas utama pengurus sementara adalah menyelenggarakan kongres untuk memutuskan masa depan organisasi.
Salah satu keputusan yang terpenting yang akan diambil dalam kongres bersejarah ini adalah memilih kepengurusan AMSI definitif, melalui forum berupa kongres. Dua agenda utama lainnya adalah menyempurnakan AD/ART AMSI, dan menyusun program kerja untuk kepengurusan periode pertama AMSI.
Kongres pertama AMSI akan digelar di Hotel Akmani, kawasan Menteng Jakarta Pusat pada 22 Agustus 2017, dengan tema besar “Menuju Media Siber Profesional, Kredibel, dan Independen”. Salah satu sikap untuk mewujudkan itu adalah pilihan presidium dan panitia kongres yang tidak menerima sponsor dari pihak diluar perusahaan media anggota AMSI.
AMSI mengundang sejumlah pejabat, lembaga terkait media siber, ketua dan anggota Dewan Pers, tokoh dan pemerhati pers Indonesia, organisasi wartawan, perusahaan sosial media, dan stakeholder media siber lainnya, selain tentu saja media yang sudah terdaftar sebagai anggota. (AP)