HUT Kabar Makassar ke-10 Tahun Dirangkaikan Kegiatan Pelatihan Cek Fakta
NEWS

HUT Kabar Makassar ke-10 Tahun Dirangkaikan Kegiatan Pelatihan Cek Fakta

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabarmakassar.com yang ke 10 tahun, hari ini menyeleggarakan Kegiatan Cek Fakta sebagai upaya dalam memerangi berit-berita bohong atau lebih dikenal dengan sebutan Hoax.

“Supaya mereka tahu apa itu disinformasi dan misinformasi,” kata Fritz Wongkar selaku trainer dalam kegiatan ini, Rabu (28/8).

Pelatihan Cek Fakta PT. Kabar Grup Indonesia yang diikuti puluhan peserta beberapa instansi dari Kabupaten Selayar yang dilaksanakan selama dua Hari (28-29/8) di Hotel Aswin.

Pemateri oleh Pimpinan Redaksi KabarMakassar.com, Fritz V Wongkar membawakan Pelatihan Cek Fakta mengatakan bahwa pelatihan semacam ini penting ditengah derasnya arus informasi termasuk informasi palsu atau hoaks yang semakin sulit untuk ditahan penyebarannya.

Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan dalam verifikasi konten video, gambar dan informasi yang beredar di sosial media, tujuannya agar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media.

Iswar Tita Adinata, salah satu peserta perwakilan Dinas Komunikasi dan Informasi Kab. Selayar mengatakan pelatihan ini sangat membantu khusunya bagi Kominfo.

“Cek fakta ini sangat bagus, karena beberapa kadang informasi sebelum jadi berita, itukan kita tidak tahu kejelasannya tetapi setelah ada pelatihan ini kita sudah mulai tahu bagaimana caranya kita cek kembali apa benar ini beritanya,” ungkap Iswar saat wawancarai di sela-sela pelatihan.

Iswar pun mengapresiasi penyelenggara dalam hal ini KabaMakassar karena telah menyelenggarakan kegiatan cek Fakta ini.

Ia berharap kedepan baik dari lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan sama-sama membangun informasi yang baik, dan terkhusus kata ia di kepualaun Selayar.

Selain itu Iswar juga berharap agar kegiatan seperti (Cek Fakta) ini sering di laksanakan.

“Harapannya muda-mudahan ini berkelanjutan karena saya rasa pengetahuan kami di jurnalisme masih sangat kurang kalau di bandingkan teman-teman yang lain sehingga harapan kita semakin kedepan kualitas berita itu semakin bagus dan menghindari hoax juga,” tutupnya.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.