Dewan Pers Verifikasi Faktual Media Online Harianhaluan.com
NEWS

Dewan Pers Verifikasi Faktual Media Online Harianhaluan.com

Tim Dewan Pers beranggotakan dua orang bertandang ke kantor Media Online Harianhaluan.com, Kamis (12/3/2020) siang. Kunjungan itu terkait pelaksanaan verifikasi faktual Haluanharian.com, sebagai langkah menjalankan media yang profesional.

Dari kunjungan tersebut, Dewan Pers mengakui Haluan sebuah perusahaan pers yang melegenda di Sumbar.

Tim verifikasi faktual yang hadir ke Kota Padang ini adalah Staff Ahli Dewan Pers Marah Sakti Siregar didampingi Kepala Bagian Umum Dewan Pers, Irwan. Keduanya disambut oleh GM Haluan Cyber Media, David Ramadian, Pimpinan Umum/Penaggungjawab Harianhaluan.com Zul Effendi, GM Haluan.co Muhammad Rayhan.

Serta disaksikan Manager Pemasaran Novriza Zainyar, Sekretaris Ika Primastuti Putri, Redaktur Pelaksana Dodi Nurja dan Nova Anggraini, Kordinator Liputan Heldi Satria, Asisten Redaktur Milna Miana, dan Reporter Harianhaluan.com Merinda Faradianti.

Verifikasi faktual dilakukan di Kantor Redaksi Harianhaluan.com, H-HUB Coworking Lt.4 Gedung Premier Basko Hotel Padang. Tim yang turun memeriksa kelengkapan syarat seperti akta pendirian, struktur organisasi, jaminan sosial karyawan, standar penggajian, konten berita dan beberapa hal lainnya.

Di samping pemeriksaan berkas, tim ini juga berkesempatan melihat langsung ruang redaksi Harianhaluan.com. Hasil dari verifikasi faktual ini nantinya akan dibawa ke Dewan Pers untuk dibahas secara menyeluruh.

Marah menyebut, verifikasi faktual yang dilakukan ini adalah bagian dari tahapan wajib yang harus dilalui sebuah perusahaan pers. Verifikasi faktual merupakan rangkaian kedua setelah media tersebut terverifikasi secara administrasi.

“Jadi kami datang untuk melakukan verifikasi faktual terhadap perusahaan PT Haluan Cyber Media yang menaungi media online harianhaluan.com,” kata Marah.

Sebagai sebuah media yang melegenda di Sumbar, kata Marah, Dewan Pers mengharapkan Haluan menjadi ujung tombak pers dalam menegakkan kemerdekaan pers, serta profesional jurnalisme yang independen.

Adapun kategori media yang independen itu, Marah merinci, pertama terverifikasi secara administrasi, kemudian diverifikasi secara faktual oleh verifikator pleno. Setelah itu, hasil verifikasi tersebut akan disampaikan ke pokja Dewan Pers untuk membahas administrasi dan faktanya saat verifikasi lapangan.

“Pokja Dewan Pers akan melihat semuanya ada berapa kekurangan kah ataupun yang perlu dilengkapi sampai kemudian dianggap final. Lalu, sah Harianhaluan.com menjadi media yang terverifikasi,” ujar Marah.

Usai verifikasi faktual, Marah menambahkan, Dewan Pers akan mengeluarkan sertifikat yang menyatakan Harianhaluan.com adalah perusahaan pers terverifikasi yang dinilai sudah kredibel. Pasalnya, jurnaslisme yang bagus itu adalah yang bisa menegakkan integritas.

“Saya sudah tau sejarahnya Haluan, maka yang pertama kali kami kunjungi adalah Haluan ini,” tukas Marah.

GM Haluan Cyber Media, David Ramadian menegaskan verifikasi faktual terhadap Harianhaluan.com adalah bagian dari komitmen agar perusahaan yang dia pimpin berjalan profesional sesuai dengan legalitas perusahaan pers yang diatur dalam Undang-undang dan peraturan Dewan Pers.

“Haluan online sudah mendaftarkan semua yang disyaratkan, seperti akta notaris, gaji, bpjs dan sebagainya sehingga Dewan Pers datang melakukan verifikasi faktual. Ini agar haluan online menjadi perusaaah pers terverifikasi di Dewan Pers,” ujarnya baru-baru ini.

sumber : harianhaluan.com

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.