Dewan Pers Verifikasi AMSI Jabar, Jadi Konstituen Dewan Pers dan Dorong Media Siber Profesional
INFO TERBARU PUBLICATIONS

Dewan Pers Verifikasi AMSI Jabar, Jadi Konstituen Dewan Pers dan Dorong Media Siber Profesional

Asosiasi Media Siber Indonesia Jabar (AMSI Jabar) diverfikasi Dewan Pers sebagai organisasi kontituen Dewan Pers, di Sekretarian AMSI Jabar di Jalan Peta, Bandung, Selasa (26/3/2019).

Wakil Ketua Dewan pers Ahmad Djuhar dan Sekretaris Dewan Pers, Rita, memeriksa kelengkapan oragansisasi komunitas media AMSI Jabar, mulai dari kelengkapan kantor hingga anggota AMSI Jabar.

Dokumen-dokumen pendirian perusahaan pers pun tak luput dari pemeriksaan.

Tujuannya, Dewan Pers sebagai lembaga independen yang menaungi media di Indonesia, ingin menjalankan amanah masyarakat, mendorong komunitas media menjadi media yang profesional.

“Banyak sekalai media yang diririkan tapi sebenarnya dalam akta pendiriannya, jenis usahanya lain, semisal kontraktor atau perdagangan. Jadi, akta pendirian itu harus sama dengan bidang usahanya, media atau pemberitaan,” ujar Wakil Ketua Dewan pers Ahmad Djuhar.

Setelah kegiatan verifikasi AMSI Jabar, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bidang media, termasuk perlindungan hukum terhadap awak media.

Agar media dan jurnalisnya selamat dari masalah hukum di dalam menjalankan pekerjannya, Dewan Pers mendorong agar media-media benar-benar mejalankan kerja jurnalistik berpedoman kepada kode etik dan UU Pokok Pers, mendaftarkan lembaganya di Dewan Pers, lalu awak medianya mengikuti uji kopetensi wartawan.

Ketua AMSI Jabar, Rahim Asyik, menyambut baik saran Dewan Pers untuk mendorong media-media siber di Jabar untuk meningkatkan kopetensinya.

“Kami akan sering kumpul, melakukan pelatihan-pelatihan, sharing ide, dan mendorong perusahan-perusahan media menjadi media yang baik,” ujarnya.

Lebih dari 20 media siber di Jawa Barat telah terdaftar sebagai anggota AMSI Jabar, sebagiannya sudah terverifikasi oleh Dewan Pers.

sumber : tribunnews.com

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.