BeritaManado Kembali Gelar Workshop Penyegaran Jurnalistik
PUBLICATIONS

BeritaManado Kembali Gelar Workshop Penyegaran Jurnalistik

Peningkatan kualitas jurnalis kembali dilakukan BeritaManado.com.

Bertempat di SLoft Hotel Manado, Jumat (17/5/2019) digelar Workshop Penyegaran Jurnalistik untuk internal redaksi BeritaManado.com.

Workshop tersebut dihadiri langsung Pemimpin Umum PT Berita Manado Communication Hanny Sumakul, Pemimpin Redaksi Jerry Palohoon, dua pembicara tamu yaitu Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulut Agus Hari dan motivator Lendy Sumolang.

“Workshop penyegaran jurnalistik bagi internal BeritaManado adalah kali kedua tahun ini dan rutin dilakukan setiap tahun. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas jurnalis serta memberikan motivasi, semangat, etos kerja dan sebagainya,” ujar Pemimpin Umum PT Berita Manado Communication Hanny Sumakul.

Sementara Ketua AMSI Sulut Agus Hari dalam kesempatan tersebut menjelaskan latar belakang pendirian AMSI yaitu diinisiasi oleh 26 pemimpin media siber di Indonesia, pada 18 April 2017, dengan sebuat tekad, menjadikan media siber di Indonesia kian profesional, dipercaya, independen, dan membawa kesejahteraan bagi anggotanya.

AMSI, kata Agus Hari adalah organisasi yang dibentuk bersama para pemimpin redaksi perusahaan media pemberitaan online/siber yang ada di Indonesia.

“Di Sulawesi Utara, BeritaManado adalah salah satu anggota AMSI. Setiap anggota AMSI membangun kebersamaan dan penguatan sesama perusahaan media pemberitaan berbasis internet/digital. Melalui wadah organisasi AMSI, anggota perusahaan media diharapkan bisa makin meningkatkan kualitas pemberitaan maupun kesejahteraanan perusahaannya,” jelas Agus Hari.

Selain materi tentang AMSI, Agus Hari yang merupakan salah satu pengurus di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado juga turut membahasa etika jurnalistik dan perkembangan media online saat ini.

“Harus saya akui bahwa BeritaManado mempunyai pangsa pasar pembaca media online yang terbesar di Sulawesi Utara bahkan sudah bersaing dengan media kelas nasional. Saya berharap, seluruh jurnalis dapat terus belajar dan menyajikan berita berkualitas dan tidak melupakan kode etik jurnalistik,” pungkasnya.

Sementara motivator Lendy Sumolang mengapresiasi upaya PT Berita Manado Communication dalam meningkatkan profesionalisme awak jurnalis maupun perusahaan medianya.

“Mengadakan pelatihan, pendidikan, dan meningkatkan kemampuan teknis seperti ini sangat baik. Dengan maraknya berita hoaks seperti saat ini, harapan saya adalah BeritaManado dapat mempertahankan predikatnya sebagai media massa dengan berita yang jelas, berimbang, dan dapat dipertanggungjawabkan,” pesan Sumolang.

sumber : beritamanado.com

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.