AMSI Gelar Rakernas Bahas Masa Depan Media
PUBLICATIONS

AMSI Gelar Rakernas Bahas Masa Depan Media

Asosiasi Media Siber Indonesia atau AMSI akan menggelar rapat kerja nasional yang berlangsung selama dua hari, 1-2 Maret 2019, di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat. Kegiatan itu mengusung tema “Masa Depan Media, antara Platform, Penyedia Konten, Bisnis dan Etika”.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan, acara itu akan diisi oleh pembicara dengan kegiatan seminar yang akan mengundang Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, pada 1 Maret 2019.

“Kita juga akan membicarakan mengenai migrasi dari media, yang sebelumnya dalam bentuk cetak ke media digital. Itu bagaimana nanti prosesnya bisa smooth. Media yang migrasi itu apakah yang menarik dari mereka, apakah media digital ini seksi untuk para pebisnis,” ujar Wens, sapaan akrab Wenseslaus.

Dalam Rakernas itu, kata Wens, akan menyoroti bagaiamana program satu tahun yang akan dilakukan oleh AMSI itu sendiri.

“Rakernas sendiri akan dibicarakan bagaimana proses satu tahun ke depan nanti, mulai dari program-program dasar apa yang memungkinkan, apa yang harus kita lakukan dengan lahirnya asosiasi ini, industri digital ini sendiri,” ujarnya.

Selain itu, acara itu dibahas juga mengenai keanggotaan AMSI di berbagai seluruh Indonesia, dan akan menyoroti masalah hoax di jejaring media sosial.

“Kalau kita llihat situasi di dunia digital saat ini, sebetulnya ada beberapa poin penting yakni konten, penyebaran hoax itu seperti apa ditanggulangi yang dalam hal ini , dan proses bisnisnya,” ujarnya.

Kemudian, dalam kegiatan Rakernas AMSI ini akan dibicarakan mengenai peluang bisnis dari pengusaha yang akan melakukan investasinya di dunia media.

“Rakernas ini juga untuk mempertemukan para pemilik media bisnis startup ini dengan para pebisnis yang akan melakukan investasi ke media mana yang mereka inginkan. Kemudian, ada juga jurnalis yang bisa membuat konten yang baik, tetapi tidak bisa membuat media sendiri,” ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan itu akan dihadiri oleh 250 anggota AMSI dari 18 provinsi yang ada di Indonesia. Serta, 30 perusahaan media yang sudah terdaftar sebagai pengurus AMSI juga bakal hadir.

sumber : viva.co.id

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.