Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) selama sepuluh hari menggelar pelatihan penguatan manajemen, bisnis dan keberlanjutan media digital (Training Media Management, Business Development and Sustainability). Ada 100 orang peserta terdiri dari redaksional, kelompok manajemen dan teknologi di perusahaan media mengikuti training yang digelar secara daring.
Sekretaris Jenderal AMSI Nasional, Wahyu Dhyatmika berharap, kegiatan ini bisa menjadi tempat bagi media online untuk mendapatkan keterampilan baru dalam mengelola bisnis media mereka.
“Training ini adalah kesempatan luar biasa pengelola media anggota AMSI untuk belajar menjangkau audiens yang lebih luas, membangun revenue stream baru, atau mewujudkan gagasan-gagasan yang inovatif yang telah lama dirancang, memperbaiki aspek dari bisnis yang mungkin memerlukan pendampingan yang lebih baik dari para mentor,” kata Wahyu, Rabu (30/3) di Jakarta.
Training yang terselenggara dengan dukungan Internews dan USAID MEDIA ini bertujuan meningkatkan kapasitas pengelolaan media online. Pada 2021, AMSI sudah melaksanakan kegiatan serupa yang ditujukan kepada 30 tim media.
Chief of Party Internews Indonesia, Eric Sasono saat memberikan sambutannya berharap, lewat penyelenggaraan ini, peserta bisa memperoleh manfaat, berupa ilmu dan pengetahuan baru dalam mengelola bisnis media.
Sebelum training, AMSI telah menggelar ToT (Training of Trainers) untuk menyusun dan meninjau ulang kurikulum hingga modul yang sudah dibuat tahun lalu. Pada 2022, AMSI menambah satu materi khusus, yaitu penguatan teknologi, sehingga ada delapan materi utama yang diberikan kepada peserta pelatihan, meliputi Business Environment, Brand Development, Business Management, Content Development, Distribution Development, Audience Development, Revenue Development dan Technology Development.
Pemateri adalah para pimpinan media online di Indonesia, di mana pelatihan pertama bertema Business Environment telah berlangsung pada 21 Maret 2022, dimoderatori Yatimul Ainun (Pemimpin Umum Times Indonesia) dan trainer Agoez Perdana (Pemimpin Redaksi KabarMedan.com).
Victor Mambor (Pemimpin Umum Jubi.co.id) telah mengisi tema Brand Development pada 22 Maret 2022. Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Umum Berita Jatim) mengisi tema Business Management pada 23 Maret 2022.
Pada hari keempat kegiatan, tema Content Development dibawakan oleh Maryadi (VP Business & Digital Katadata). Sedangkan hari kelima, Yuli Sulistyawan (GM Content Tribunnews) memberikan materi dengan tema Distribution Development.
Citra Dyah Prastuti (Pemimpin Redaksi KBR.id) membawakan tema Audience Development pada 28 Maret 2022, kemudian Suwarjono (CEO PT. Arkadia Digital Media Tbk) menyampaikan materi terkait Revenue Development pada hari ke tujuh. Pada hari terakhir, Heru Tjatur (Chief Technology Officer Buddyku-MNC) memberikan penguatan pengetahuan tentang Technology Development.
Setelah pelatihan ini, AMSI akan memilih 10 tim media untuk mendapatkan pendampingan (mentorship) penguatan media dan beasiswa senilai Rp15 juta. Pendampingan ini akan disampaikan oleh praktisi media online yang telah berhasil mengembangkan medianya, dengan periode pelaksanaan selama tiga bulan sebagai pendalaman materi dan praktik pengembangan media sesuai kebutuhan media lokal.
Sedangkan sebagai tindak lanjut dari pendampingan pada 10 media yang lolos program pada 2021 lalu, AMSI akan memberikan pendampingan dan beasiswa lanjutan penguatan media kepada 5 media. Pendampingan tingkat lanjut ini akan melibatkan Tim Newsgain, salah satu organisasi nirlaba yang selama ini mempunyai pengalaman memberikan pendampingan dari aspek bisnis dan manajemen pada media online di berbagai negara. Saat ini proses penilaian dan seleksi sedang dilakukan tim Newsgain.