AMSI Akan Gelar Kongres Nasional Perdana di Jakarta
INFO TERBARU PUBLICATIONS UPCOMING EVENTS

AMSI Akan Gelar Kongres Nasional Perdana di Jakarta

Kongres perdana AMSI akan menjadi kongres yang sangat bersejarah dan sangat menentukan masa depan media Siber di Indonesia. Kongres akan digelar di Jakarta, dan diikuti media anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dari lebih 20 kota di Indonesia.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)  akan menggelar Kongres Nasional Pertama di Jakarta, pada Selasa 22 Agustus 2017. Agenda terbesar dalam kongres ini adalah memilih pengurus, menyempurnakan AD/ART, dan menyusun program kerja. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan di tengah acara kongres, AMSI juga menerima pendaftaran media siber yang ingin bergabung.

Kongres pertama ini adalah momentum yang sangat bersejarah bagi media siber di Indonesia. Kongres pertama akan sangat menentukan roda AMSI ke depan. ”Kongres ini adalah amanah dari dari 26 media yang menjadi dewan pendiri dan para anggota lainnya, yang telah mendeklarasikan AMSI pada 18 April 2017 lalu. Kami ingin ini menjadi sejarah baik bagi media siber di Indonesia,” kata Ketua Presidium AMSI, Wenseslaus Manggut.

Saat ini, lebih dari 250 media siber telah bergabung dalam organsiasi ini. Data yang dihimpun panitia menyebut,  sudah ada anggota AMSI dari 17 Provinsi yang tercatat menyatakan akan hadir dan menyemarakkan kongres ini. Ini diluar 26 media yang tercatat sebagai inisiator berdirinya AMSI. Diperkirakan, kongres akan diikuti oleh 200 peserta. Anggota AMSI dari daerah yang tidak bisa hadir, bisa mengikuti jalannya kongres melalui livestreaming yang akan disiapkan panitia.

Kongres pertama ini mengambil tema Menuju Media Siber Profesional, Kredibel, dan Independen. Tema ini dipilih karena berdasar data, dari 40 ribu lebih media siber yang ada di Indonesia, sebagian besar diantaranya masih memiliki masalah dengan tiga hal itu.

“Kita ingin setidaknya, media siber yang berada di dalam AMSI, bisa saling berbagi. Saling membantu bagaimana menjadi lebih profesional, memiliki kepercayaan tinggi pembacanya, dan punya ruang kemerdekaan redaksi maupun finansial. Inilah esensi yang ingin kita capai melalui organisasi maupun kongres,” ujar Adi Prasetya, ketua Panitia Kongres AMSI.

Panitia masih membuka pendaftaran menjadi peserta kongres, dengan cara yang sangat mudah, yakni  melalui google doc, dengan link : https://goo.gl/forms/WAZb6BOCTmrdy3um2.

Untuk pemilik atau pemimpin redaksi media siber yang ingin bergabung dengan AMSI bisa mengirim berkas pendaftaran sebagai anggota AMSI melalui e-mail info@amsi.or.id atau kongres@amsi.or.id. 

Panitia berharap, perusahaan media siber anggota AMSI bisa segera melakukan registrasi, sebelum kongres berlangsung.

Komentar Anda